jawaban untuk blog kimia 2010


JAWABAN
Jawaban untuk kelompok 1
1.     1.Sebutkan macam-macam siklus air menurut William Waterway Marks!
2.      2.Sebutkan macam-macam air (bumi)!
3.      3.Tulis sedikitnya 2 keunikan dan keajaiban molekul air!
4.      4.Sebutkan 3 macam siklus hidrologi!
5.      5.Tulis sedikitnya 3 manfaat air bagi tubuh!
Jawaban
1.      1.Siklus air di Lautan, siklus air di atmosfer, dan siklus air di kosmik
2.      2.Air tanah: Air Tanah Preatis,Air Tanah Artesis
Air permukaan: Perairan Darat,Perairan Laut
3.     3. Air pada fasa padat jauh lebih ringan daripada air pada fasa cair. Karena itu es mengambang. Ini penting untuk kehidupan di danau air tawar, karena es berperan sebagai penyekat terhadap pelepasan energi panas sehingga pembekuan air dari permukaan hingga ke dasar tidak terjadi.

Titik beku berkurang di bawah tekanan, sehingga pen-cairan terjadi di dasar glacier yang memudahkan terjadinya aliran glacier.
4.      4.Siklus pendek,sedang,panjang
5.      5.Bermanfaat Untuk Perawatan Kecantikan,Bermanfaat Mencegah Penyakit Berbahaya,Bermanfaat Sebagai obat stroke .

Jawaban untuk kelompok 2

1.       1.Mengapa udara terasa panas saat sebelum hujan ?
-Sebelum hujan datang, akan terjadi awan/mendung yang tebal. Mendung merupakan kumpulan uap dari air laut. Pada saat mendung, uap air yang berupa gas berubah menjadi zat cair. Pada proses ini menghasilkan kalor yang akan dikeluarkan ke udara. Mendung berada lebih rendah dari awan yang berwarna putih, maka semakin dekat mendung ke bumi panas akan semakin tinggi pula. Suhu dapat lebih tinggi bila sebelum mendung terjadi sinar matahari yang sangat terik, karena sebagai hasil dari akumulasi  pelepasan kalor oleh proses tersebut diatas dengan sisa panas yang dipancarkan bumi setelah menerima energi panas dari matahari.
2.       2.Apa penyebab terjadinya Hujam Asam dan apa akibatnya untuk lingkungan?
-Senyawa SO2 dan NOx ini akan terkumpul di udara dan akan melakukan perjalanan ribuan kilometer di atsmosfer, disaat mereka bercampur dengan uap air akan membentuk zat asam sulphuric dan nitric. Disaat terjadinya curah hujan, kabut yang membawa partikel ini terjadilah hujam asam. Hujan asam juga dapat terbentuk melalui proses kimia dimana gas sulphur dioxide atau sulphur dan nitrogen mengendap pada logam serta mongering bersama debu atau partikel lainnya.
Dampak dari hujan asam ini antara lain:
Mempengaruhi kualitas air permukaan, Merusak tanaman
3.       3.Mengapa gas CO (Karbon Monoksida) bersifat beracun? jelaskan !
-Karena CO akan berikatan dengan hemoglobin sehingga membentuk carboksinhemoglobin yang menghambat penghantaran oksigen keseluruh tubuh.
4.       4.Apa akibatnya untuk lingkungan jika BBM menggunakan jenis Premium dibandingkan Pertamax? zat apakah yang menjadi gas buangan udara bermotor tersebut ?
-Dari hasil reaksi pembakaran dari kedua bahan bakar tersebut akan sama, namun persentase banyaknya akan berbeda, untuk premium mempunyai bilangan oktan kurang dari 90%, untuk pertmax mempunyai bilangan oktan sekitar 92%. Sehingga untuk premium akan mengeluarkan gas carbondioksida lebih banyak dari premium. Belum lagi dari pembakaran premium yang tidak sempurna akan menghasilkan carbonmomoksida. Zat yang menjadi gas buang dari kendaran adalah karbondioksida dan air. Namun jika BBM yang digunakan premium maka akan mengeluarkan logam berat seperti timbal juga.
5. Apa yang terjadi jika kandungan Oksigen yang terkandung dalam udara di Bumi lebih dari 21 %?
-Maka bumi ini akan mudah mengalami kebakaran sehingga kandungan dari Oksigen hanya 21 % di bumi ini

Kelompok 3
  1. Apa itu tanah ? dan adakah tanah selain di bumi ? jelaskan
  2. Buatlah alur pembentukan tanah ! Berdasarkan alur pembentukan dan unsure yang terdapat di tanah, sebutkan fungsi tanah!
  3. Sebutkan ciri-ciri dan contoh tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman yang baik ? lengkap
  4. Apakah tanah disekitar pegunungan pasti merupakan tanah subur ? jika IYA berikan alasan, jika TIDAK berikan alasan !
  5. Tanah merupakan sesuatu yang vital dalam kehidupan. Ada pernyataan bahwa pencemaran air dan udara dapat disebabkan oleh tanah, jelaskan!
Jawab
1.    1.  Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik.
2.      2.Batuan memerlukan waktu jutaan tahun untuk berubah menjadi tanah. Batuan menjadi tanah karena pelapukan.
3.       3.Tanah Humus, merupakan jenis tanah yang terbentuk dari pelapukan tumbuhan-tumbuhan dan bahan organik lainnya yang telah membusuk. Tanah ini sangat subur dan cocok untuk lahan pertanian, dan baik untuk tanaman, warnanya kehitaman. Persebaran tanah ini banyak di daerah hutan di Indonesia.
4.      4.tanah disekitar peginungan merupakan jenis tanah vulkanik, Tanah Vulkanik (tanah gunung api), merupakan tanah dari hasil pelapukan gunung api yang meletus. Tanah vulkanik adalah tanah yang sangat subur dan diusahakan untuk pertanian  karena kaya akan unsur hara yang diperlukan tanaman.
5.      5.Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah menjadi wahana jelajah akar menyediakan air, udara dan unsur hara dan seluruh kegiatan organism didalamnya.jika suatu zat berbahaya telah mencemari permukaan tanah, maka ia dapat menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya.

Kelompok 4
1.      Sebutkan minimal 3 manfaat hewan
2.      Bagaimana ciri-ciri hewan yang tercemar? Jelaskan dengan contoh!
3.       Apa saja sumber-sumber pencemaran hewan?
4.      Apa saja kriteria indikator biologi pencemaran sungai?
5.      Apa yang kamu ketahui tentang kasus minamata?
Jawaban
1.      Hewan sebagai sumber makanan, Hewan sebagai bahan dasar pakaian dan aksesoris.
2.       hewan yang tercemar itu biasanya pertumbuhannya tidak normal dan dilihat dari fisiknya itu tidak segar atau tidak bergerak normal. contohnya kambing yang tercemar maka mempunyai tubuh yang lebih kecil dibanding dengan kambing yang lain
3.      Dari pencemaran air, tanah serta udara
4.     4. Mudah diidentifikasi,Mempunyai distribusi yang kosmopolit,populasi suatu spesies dapat digunakan untuk menganalisa indeks diversitas,Mudah menimbun bahan pencemar
5.      Kasus minamata merupakan pencemaran yang terjadi pada hewan dengan cara membuang limbah merkuri ke lautan yang berdampak kepada pencemaran ikan yang hidup disekitar pembuangan limbah. Ikan-ikan yang hidup disana jelas sudah tercemar sehingga daging dari ikan sudah mengandung logam berat merkury

kelompok 5

1.     1. Apa yang menjadi ciri khas pada sel tumbuhan dengan sel makhluk hidup lainnya?
Jawab:  Ciri yang segera mudah dikenali pada tumbuhan adalah warna hijau yang dominan akibat kandungan pigmen klorofil yang berperan vital dalam proses penangkapan energi melalui fotosintesis. dinding sel yang tersusun dari selulosa,hemiselulosa, dan pectin menjadi ciri khasnya, meskipun pada tumbuhan tingkat sederhana kadang-kadang hanya tersusun dari pektin. Hanya sel tumbuhan yang memiliki plastid juga vakuola yang besar dan seringkali mendominasi volume sel.

2.      2.Mengapa fungi tidak termasuk dalam klasifikasi tumbuhan?
Jawab:  karena fungi masih berupa tumbuhan peralihan belum jelas akar batang dan daunnya, ia juga terdiri dari hifa dan perkembangbiakan dengan menggunakan spora.

3.      3.Dari berbagai macam penyebab pencemaran yang ada, manakah yang paling berdampak buruk bagi tanaman?
Jawab:  Konsentrasi SO2 sampai 1% membahayakan tumbuhan yang lebih tinggi. Banyak bahan kimia, pupuk, pestisida dan pemakaian bahan-bahan fosil yang tinggi melepaskan substansi-substansi toksik ke lingkungan dan hal itu dapat diserap juga oleh tumbuhan melalui udara, air atau tanah. 
4.      4.Mengapa tumbuhan dapat digunakan sebagai indikator pencemaran?
Jawab:  Pada umumnya tumbuhan lebih sensitive terhadap polutan daripada manusia. Tumbuhan yang sensitiv dapat merupakan indikator, sedangkan tumbuhan yang tahan dapat merupakan akumulator polutan di dalam tubuhnya, tanpa mengalami kerusakan.

5.      5.Sebutkan logam apa saja yang dapat mencemari tumbuhan?
Jawab: Zn, Pb, Ni, Co, Cr, Cu, Mr, Mg, Cd, Se dan lain-lain. Diantaranya Mn, mg, Cd dan Se bersifat toksik untuk kebanyakan tumbuhan.

kelompok 6

1.      1.Bagaimana ciri-ciri makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh ?
Jawab :            a. makanan yang terbebas dari zat pengawet berbahaya
b. makanan yang seimbang, kaya dengan vitamin, protein, karbohidrat, dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh.

2.      2.Apakah makanan herbal sudah pasti terjamin bebas dari zat kimia ? Jelaskan !
Jawab :  belum tentu, yang pasty semua unsuryang terdapat dipermukaan bumi ini terdiri dari bahan kimia, walaupun mungkin zat yang dimaksud adalah prosesnya, atau pengawetnya belum tentu 100%  alami

3.      3.Mengapa manusia tidak diperbolehkan untuk ketergantungan terhadap suplemen atau obat-obatan baik dalam keadaan sakit maupun tidak ?
Jawab :  Yang harus selalu kita ingat bahwa makin hebat pengaruhnya tentu makin besar pula efek sampingnya. Tapi kalau sudah sakit, juga jangan ragu untuk pergi ke dokter atau mencari obat yang tepat, asalkan juga menyadari resikonya dan mencari penyebab penyakit itu.

4.      4.Mengapa makanan mentah dapat dijadikan obat segala macam penyakit ?
Jawab : makanan mentah adalah makanan yang masih mengandung berbagai enzim kehidupan (berasal dari energi matahari melalui proses fotosintesa) dan yang tidak dipanaskan di atas 45 derajat Celsius. Daging, telur, ikan dan susu mentah tidak termasuk ke dalam golongan makanan kehidupan karena mereka tidak lagi mengandung enzim kehidupan.

5.      5.Sebutkan zat aditif apa saja yang digunakan pada makanan beserta dampak yang diakibatkan dari penggunaan zat aditif tersebut
Jawab : Tartazin ,monosodium glutamat, sakarin dan siklamat, zat antioksidan, tartrazin, asam benzoat, kalium sorbat, natrium nitrit

kelompok 7

1.       1.Apa yang dimakdsud dengan kesehatan menurut  WHO dan kelompok anda?
Menurut WHO (1947) Sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan (WHO, 1947).

Definisi WHO tentang sehat mempunyai karakteristik berikut yang dapat meningkatkan konsep sehat yang positif (Edelman dan Mandle. 1994) :


1. Memperhatikan individu sebagai sebuah sistem yang menyeluruh.

2. Memandang sehat dengan mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal.
3. Penghargaan terhadap pentingnya peran individu dalam hidup.
Sedangkan menurut kelompok kami sehat adalah suatu kenikmatan yang sempurna dari Allah swt, baik badan pikiran,jiwa dan raga sehingga kita dapat menjalani kehidupan dengna baik”
2.       2.Sebutkan tiga dampak pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
Pencemaran udara
Ada zat pencemaran di udara disertai oleh pengaruh yang lain, mempunyai kecenderungan untuk meningkatkan jumlah penderita atau memperberat penyakit-penyakit kanker paru-paru, emphysema, TBC, pneumonia, bronchitis, asma, bahkan influensa. Yang dimaksud dengan pencemaran udara ialah bila udara di sekeliling / di sekitar rumah mengandung zat pencemar dalam kadar yang berbahaya bagi manusia atau lingkungannya
Pencemaran air
Pengaruh air terhadap kesehatan dapat menyebabkan penyakit menular dan tidak menular. Perkembangan epidemiologi menggambarkan secara spesifik peran lingkungan dalam terjadinya penyakit dan wabah. Lingkungan berpengaruh pada terjadinya penyakit penyakit umpama penyakit malaria karena udara jelek dan tinggal disekitar rawa-rawa. Orang beranggapan bahwa penyakit malaria terjadi karena tinggal pada rawa-rawa padahal nyamuk yang bersarang di rawa menyebabkan penyakit malaria
Pencemaran tanah
Paparan kronis (terus-menerus) terhadap benzena pada konsentrasi tertentu dapat meningkatkan kemungkinan terkena leukemia. Merkuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal, beberapa bahkan tidak dapat diobati. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. Organofosfat dan karmabat dapat dapat menyebabkan ganguan pada saraf otot. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat. Terdapat beberapa macam dampak kesehatan yang tampak seperti sakit kepala, pusing, letih, iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas. Yang jelas, pada dosis yang besar, pencemaran tanah dapat menyebabkan kematian.

3.       3.Sebutkan dan jelaskan 3 cara menjaga kesehatan di temngah maraknya pencemara lingkungan saat ini
a.       Menjaga pola makan sehat dan teratur
b.      Menerapkan pola hidup sehat
c.       Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat

4.       4.Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi kesehatan
Lingkungan, makanan, pola hidup
5.       5.Bagaimana konsep sehat ala islam?
Ada Empat faktor utama yang mempengaruhi kesehatan adalah
lingkungan (yang utama), perilaku, pelayanan kesehatan, dan genetic


Kelomopok 8
1. bahaya apa saja yang timbul dari pencemaran air?
2.Sebutkan penyebab terjadinya polusi air?
3.Bagaimana usaha kita untuk mencegah dan mengatasi pencemaran air?
4.Bagaimana cara kerja air dalam tubuh ?
5.Hal apakah yang akan teman-teman lakukan jika di dunia ini sudah jarang di temukan air bersih ? 
Jawaban

  1. -Pendangkalan dasar perairan
      -Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen
            -terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air
      2. . Sumber polusi air antara lain sampah masyarakat, limbah industri, limbah pertanian dan limah   
         rumah tangga.
       3. ·  Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah pemukiman atau perumahan
         ·  Pembuangan limbah industri diatur sehinga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem
         ·  Pengawasan terhadap penggunaan jenis- jenis pestisida dan zat – zat kimia lain yang   
             dapat menimbulkan pencemaran
      4. Dengan mengosumsi air minum biasa dengan metode yang benar, tubuh manusia akan
          menjadi bersih. Air menggelontor usus besar secara efektif dengan membentuk darah  
         segar baru yang dalam istilah kedokterannya haemotopaise. Adalah fakta yang tak
         terbantahkan bahwa dengan metode ini, lipatan lendir usus besar dan usus kecil  
        diaktifkan. Akan halnya teori mengatakan bahwa darah segar diproduksi oleh lipatan
         lendir. JIka usus besar dibersihkan maka zat gizi dalam makanan yang masuk beberapa 
         kali dalam sehari akan diserap. Dan dengan aksi lipatan lendir, unsur gizi itu akan        
          berubah
         menjadi darah segar. Darah adalah unsur yang paling penting dalam menyembuhkan
        berbagai gangguan dan memulihkan kesehatan. Karena itu harus dikonsumsi secara  
         teratur.
5.mungkin melakukan pencegahan sebelum terjadi hal tersebut lwebih penting dilakukan 
   karena air merupakan keburtuhan yang sangat vital bagi kehidupan, kekurangan air bersih   
   merupakan krisis bagi kehidupan, memperlakukan ari dengan baik dan menghematnya  
   merupakan tindakan dini yang harus dilakukan. Usaha untuk memurnikan air yang   
   terkontaminasi belum tetu hal itu dapat dikonsumsi secara kontinue.

Jawaban kelompok 9

1.      1. Mengapa pencemaran udara dapat menyebabkan hujan asam?
2. Mebutkan hal - hal yang bisa meningkatkan kadar oksigen dalam darah?
3. Apa penyebab dari anemia?
4. Bagaimana udara dapat mempertahankann suhu tubuh agar tetap normal?
5. Bagaimana cara hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat membuang hasil metabolisme?
Jawaban
1.      1.Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi keatmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman. Usaha untuk mengatasi hal ini saat ini sedang gencar dilaksanakan.
2.      2.Zat besi, diet rendah lemak, buah dan sayuran, serta diet natrium
3.      3.Orang yang mengalami hipoksemia (kadar oksigen dalam darah rendah) biasanya menunjukkan gejala seperti sesak napas, gelisah, disorientasi, sakit kepala, tekanan darah tinggi dan kulit kebiruan.
4.      4.mempertahankan suhu tubuh agar dalam keadaan normal dengan mekanisme secara fisik. Saat udara luar mengalami peningkatan temperature maka tubuh mengeluarkan keringat. Sebaliknya bila suhu udara menjadi lebih dingin, buang air kecil maka akan semakin bertambah.
5.      5.hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat seperti anjing akan membuang hasil metabolism lebih banyak mempergunakan alat pernafasan sehingga frekuensi bernapas akan terjadi berpuluh kali lipat tetapi dalam keadaan normal.

Jawaban untuk kelompok 11

1.      1.Apa yang menyebabkan Paus Atlantik Utara terancam punah ?
Paus ini menghadapi ancaman canggihnya teknologi pemancingan dan tabrakan dengan kapal, perubahan habitat, perubahan iklim dan kontaminasi air laut oleh industri.
2.     2. Setelah membaca artikel mengenai “Hiduplah seperti Lebah”, apakah artikel tersebut dapat menginspirasi anda ? jika iya, keunikan apa yang terdapat pada hewan tersebut ?
Artikel tersebut sangat menginspirasi saya. Keunikan lebah yang dapat menginspirasi saya yaitu Lebah adalah pribadi yang tangguh dan mandiri, berkharisma dengan sengatannya sebagai pertahanan diri, kreatif dan inovatif. Lebah hanya memakan hal yang baik (sari bunga) dan menghasilkan hal yang baik pula untuk orang lain(madu), memiliki tali persaudaraan yang kuat. Lebah juga dikenal sebagai makhluk yang kuat.
3.      3.Bagaimana pendapat anda tentang punahnya beberapa spesies dalam artikel “Dampak Pencemaran Lingkungan” ? dapatkah kalian menyebutkan contoh lain?
Pencemaran lingkungan tidak hanya berdampak buruk bagi hewan tetapi juga makhuk hidup lainnya. Punahnya beberapa spesies menyebabkan gangguan keseimbangan ekosistem. Selain itu pencemaran lingkungan dapat membentuk spesies-spesies baru yang memiliki kekebalan tersendiri terhadap insektisida dan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya, jika hewan-hewan tersebut dikonsumsi atau berinteraksi dengan manusia, maka akan membahayakan manusia maupun lingkungan sekitarnya. Contoh  lain dari dampak pencemaran lingkungan adalah unsur hara dan mineral-mineral tanah berkurang, meningkatnya organologam, peningkatan jumlah plankton, dll.
4.      4.Mengapa ikan paus bungkuk dapat terdampar dipinggir kolam renang? Padahal secara postur tubuh ikan paus memiliki ukuran tubuh yang paling besar?
Ikan tersebut telah mati kemudian tersapu oleh ombak sehingga sampai di pinggir kolam renang di kawasan pantai Newport.
5.      5.Mengapa nyamuk menjadi hewan yang paling berbahaya?
nyamuk pembawa parasit penyebab malaria dan dbd. Menurut para ahli, nyamuk itu telah menyebabkan kematian 50% manusia sejak zaman batu. Hingga saat ini, setidaknya telah lebih dari 200 juta orang meninggal akibat malaria dan dbd setiap tahun. 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bet on Sports from the Orient - Air Jordan
Bet great air jordan 18 retro men red on sports from air jordan 18 retro varsity red on sale the Orient online sportsbook. cheap retro jordans ✓ Bet on sports from the Orient on our air jordan 18 retro red cheap site now. 토토사이트 소스 샤오미 ✓ Always up to date on the

Posting Komentar

Search This Blog

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Social Icons

Popular Posts

About Me

Labels

Featured Posts

About